Wednesday, October 12, 2016

Cara Membuat Lilin Hias Aroma Terapi Sendiri

Cara membuat lilin hias sangatlah mudah dan murah. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga tidak banyak. Hanya dengan menggunakan beberapa bahan kita daat berkrasi membuat lilin hias yang cantik dan mempunyai bau wangi seperti lilin aroma terapi. Nah, tidak usah berbasa-basi lagi, langsung saja kita praktekkan cara membuat lilin hias kreasi sendiri yang dijamin mudah dan murah berikut ini.

Sebelum membuat lilin hias, sebaiknya siakan bahan-bahan dan juga alatnya. Kalau seandainya alat atau bahannya belum punya bisa dibeli di toko perlengkapan rumah tangga da juga di toko bahan kerajinan.


Persiapan dan Bahan Membuat Lilin Hias Aroma Terapi
  • Lilin bekas (bisa lilin yang sudah hancur atau bekas lelehan lilin). Bila tidak ada bisa menggunakan lilin baru. Warna bebas, putih boleh, warna juga boleh.
  • Gelas kaca mini bening atau cetakan kue.
  • Sumbu lilin atau benang kasur (bisa dibeli di toko kerajinan tangan).
  • Pewarna bubuk sesuai selera.
  • Panci berukuran sedang dan panci berukuran kecil.
  • Glitter atau pernik-pernik blink-blink hias.
  • Bibit minyak wangi atau parfum.
  • Pisau dan gunting.


Langkah-langkah Membuat Lilin Hias Aroma Terapi 
  1. Siapkan panci berukuran sedang, kemudian isi dengan air setengahnya. Nyalakan kompor dengan api sedang dan panaskan air dalam panci sedang tadi.
  2. Sambil menunggu air berubah menjadi panas, siapkan bahan utamanya. Rajang atau hancurkan lilin bekas, sisa lelehan lilin atau lilin baru yang sudah disiapkan tadi dengan pisau supaya cepat leleh.
  3. Masukkan lilin rajangan tadi ke dalam panci kecil. Cek dulu apakah air dalam panci besar sudah panas. Kalau sudah, letakkan panci kecil diatas air panas dalam panci besar.
  4. Cara melehkan lilin ini mirip seperti melelehkan cokelat. Aduk-aduk lilinnya sampai leleh seluruhnya.
  5. Setelah meleleh sempurna, matikan kompor dan angkat panci kecilnya. Tambahkan pewarna bubuk sesuai selera dan juga bibit minyak wangi atau parfumnya, kemudian aduk sampai tercampur rata.
  6. Apabila kamu ingin lilinnya cantik, kamu bisa menambahkan glitter atau pernak-pernik hiasan cantik ke dalam lelehan lilin tersebut. Selanjutnya aduk sampai glitter tercampur rata.
  7. Siapkan sumbu dan cetakannya. Caranya, ambil sumbu dan ukur sesuai yang diperlukan, lalu potong dengan gunting. Letakkan dalam cetakan dengan sisa sumbu dijaga jangan sampai tertimbun lelehan lilin semuanya.
  8. Tuangkan lelehan lilin pada cetakan yang sudah disiapkan tadi. Isi ¾ bagiannya saja.
  9. Diamkan sampai lelehan lilin mengering dan dingin. Supaya lebih cepat bisa dikipas dengan kipas angin kecepatan rendah.

 Nah, sekarang sudah jadi. Lilin hias aroma terapi kreasi sendiri siap dipakai untuk pelengkap candle light dinner mu bersama orang tersayang. Hem, makin tambah romantis saja, ya. Bagaimana, cara membua lilin hias aroma terapinya mudah sekali bukan?
Oiya, coba juga untuk mengkreasikan beberapa bentuk cetakan, bibit parfum dan juga pewarnanya. Siapa tahu kamu mendapatkan kreasi lilin hias aroma terapi yang unik dan cantik. Misalkan saja dengan membuat adonan lelehan lilin berbagai macam warna. Lalu tuangkan ¼ bagian dari masing-masig warnanya pada cetakan. Maka hasil akhirnya akan menjadi lilin pelangi yang cantik.

Nah, jika kamu belum memiliki pandangan atau ide, sebaiknya kamu cari beberapa gambar tentang lilin hias. Terapkan atau modifikasi sesuai dengan kreasi dan keinginanmu. Sebagai contoh dan bahan referensi, kamu bisa mencontoh beberapa hasil kreasi lilin hias aroma terapi berikut ini.
  
Cara Membuat Lilin Hias. (youtube.com)
Ini salah satu contoh lilin hias yang dibuat di dalam gelas bening yang unik. Ada penutupnya pula, jadi tidak takut kemasukan debu.


Cara Membuat Lilin Hias Mudah. (youtube.com)
Kalau ini kreasi lilin hias yang berwarna dan berbentuk menyerupai keju. Hem, melihatnya saja sudah menggoda dan selera makan kita pasti bertambah.


Gambar Lilin Hias Mudah. (youtube.com)
Ini cocok untuk jamuan makan yang mewah dan elegan. Lihat saja kreasinya yang begitu menwawan dengan wadah berbahan keramik.

Lilin Hias Aromaterapi

Selain itu, kamu bisa juga menggunakan cetakan kue yang berbentuk macam-macam. Sehingga hasilnya berbentuk lilin hias bunga, hati, kerang dan bentuk-bentuk lainnya.

No comments:

Post a Comment