Wednesday, October 12, 2016

Sekilas tentang penyakit demam berdarah

Penyakit demam berdarah atau disebut juga dengan DBD merupakan salah satu penyakit yang sering sekali kita jumpai, penyakit demam berdarah disebabkan oleh virus yang biasanya ditularkan oleh gigitan nyamuk. Pada umumnya penyakit demam berdarah ini menyerang pada pasca musim hujan. Penderita penyakit demam berdarah biasanya diawali dengan demam yang tinggi yang suhu panasnya bisa sampai dengan 41 derajat celcius. Penyebab penyakit demam berdarah ini umumnya diawali dengan gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang berarti penyakit ini hanya dapat menular dengan perantara gigitan nyamuk jenis ini.
Pada umumnya penyakit demam berdarah ini diawali dengan gejala flu dan juga demam yang biasanya sampai dengan satu minggu lamanya, sedangkan ciri-ciri fisik lainnya mengidap penyakit demam berdarah ini adalah terdapat bintik-bintik merah pada kuli, dan terkadang juga penderita mengalami mimisan selain itu penderita juga biasnaya mengalami demam yang tinggi, mengalami sakit kepala, kemudian nyeri sendi, sakit otot dan sakit tulang, jadi apabila anda atau saudara anda mengalami gejala seperti di atas alangkah baiknya segeralah melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat.


Tips Pengobatan penyakit Demam Berdarah
Pada dasarnya dalam menangani penyakit demam berdarah hanya perlu bermain dengan cairan, yang artinya pada saat terjadi kebocoran maka harus banyak minum air putih, akan tetapi pada saat kebocorannya sudah selesai atau sembuh maka asupan cairannya juga harus dikurangi. Untuk lebih jelas berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan dirumah apabila anda atau anak, saudara anda mengidap penyakit demam berdarah sebagai bentuk pertolongan pertama yaitu dengan memberikan minum sebanyak mungkin. Kemudian lakukan kompres agar panasnya turun. Selain itu juga berikan obat penurun panas seperti paracetamol. Setelah beberapa cara di atas sudah anda lakukan apabila dalam kurun waktu tiga hari demam yang diderita tidak mengalami penurunan atau bahkan naik, lebih baiknya segeralah hubungi dokter terdekat atau bisa bawa ke puskesmas atau juga rumah sakit. Nah, itulah sekilas tentang penyakit demam berdarah atau biasa disebut dengan DBD mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi pembaca yang membutuhkan informasi mengenai penyakit ini.


No comments:

Post a Comment